KUA Gondomanan-Yogyakarta, Juara KUA Teladan 2013

KUA Gondomanan-Yogyakarta, Juara KUA Teladan 2013

Kamis, 22 Agustus 2013 – Bimas Islam & Penye. Syariah

Foto

Jakarta (Pinmas) – KUA Gondomanan Yogyakarta yang mewakili DIY menyisihkan 32 KUA lainnya dan tampil menjadi juara pertama KUA Teladan 2013. KUA Pringsurat Temanggung Jateng menempati posisi kedua, disusul kemudian KUA Tandes Kota Surabaya di tempat ketiga. Sedang peringkat keempat direbut oleh KUA Ciasem Kabupaten Subang Jawa Barat dan KUA Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang Sulawesi Selatan menjadi juara kelima.

Dewan Juri diketuai Dirjen Bimas Islam Prof Abdul Djamil, dengan anggota Dr Muchtar Ali, Dr Mahsusi, KH Arwani Faisal, Dr NandiNaksbandi, H Yayat Supriyadi dan H Anwar MA.

Kemenangan KUA Gondomanan ini ditetapkan Senin (19/8) di Gedung Kementerian Agama. Dalam sambutan penutupan Pemilihan KUA dan Keluarga Sakinah Teladan Selasa (20/8), Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan bahwa para pejabat KUA dalam posisi sulit dan dilematis.

“Pejabat KUA tidak sekedar mencatat, namun sering kali juga menikahkan, memimpin do’a, memberi nasehat pernikahan dan khutbah. Jadi, kadang, saya pribadi ada konflik batin, jika KUA sering dilihat sebelah mata dan hina (Korupsi). Hal ini ditambah dengan sebagian besar budaya masyarakat kita dalam berterima kasih, sering memberi macam-macam yang dalam perspektif pemberantan korupsi disebut gratifikasi. Semacam penyuapan, meski maksud masyarakat tidak seperti itu.” terang Menag.

Menag melanjutkan, haram hukumnya jika ada petugas dari KUA mematok harga.

“Agar KUA bebas dari berbagai dakwaan, sebenarnya mudah, yakni KUA hanya menikahkan di hari jam kerja dan tidak boleh menikahkan selain di Kantor KUA. Pasti KUA selamat. Tapi dalam masyarakat, hal ini hampir mustahil dan sangat tidak realistis. Sebab pernikahan bukan sekedar pencatatan. Lebih dari itu, nikah adalah masalah budaya dan agama. Bahkan, kapan dan di mana ijab, seringkali ada hitung-hitungannya sendiri,” tambah Menag disambut tawa hadirin.

Selain memilih KUA teladan, juga menetapkan pemenang Keluarga Sakinah Teladan. Di mana pasangan H. Ahmad Syafi’I – Hj. Nur Bayyinah dari Jawa Barat menjadi juara pertama, disusul pasangan dari Sulawesi Selatan H. Mugning Kasim – Hj. Subaedah ditempat kedua dan juara tiga dimenangkan pasangan dr Adb Rahman DM – Hj. Rosnah Siregar dari Sumatera Utara.

Dewan juri Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan dipimpin oleh Prof Achmad Mubarok, dengan sekretaris Hj Lilih Rahmawati, dan anggota Hj Nurhayati Djamas, Hj Zubaidah Muchtar, KH Zainuddin Ma’sum Ali, Drs H Tulus, Hj. Ratih Sanggarwati dan H Zaim Uchrowi. (G-penk)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s