Awal dari Simkah

Sejatinya SIMKAH adalah sebuah program Aplikasi Komputer berbasis Windows (gratis/freeware)yang berguna untuk mengumpulkan data-data Nikah-Rujuk dari seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) di Wilayah Propinsi Jawa Timur secara “On-line”, data akan tersimpan dengan aman di KUA setempat, di Kabupaten/Kota dan di Kantor Wilayah Propinsi. Data-data tersebut berguna untuk membuat berbagai analisa dan laporan sesuai dengan berbagai keperluan. Sesuai dengan pernyataan Mas aries sebagai progamernya bahwa software ini membutuhkan “review cycling”, maka mungkin inilah salah satunya dari saya sebagai operator pemula. Yang belum punya softwarenya bisa di download disini

 

Masalah Internal
Beberapa penolakan (baca saja: perlawanan) biasanya dengan alasan:
1) Tidak ada peraturan/perundangan yang menyatakan bahwa pengetikan buku nikah menggunakan komputer.
Gunakan UU KMA 477 th 2004 pasal 31 ayat 2 KMA No. 477 Tahun 2004-PENCATATAN NIKAH , credit for mas wawan,
2) Tidak tersedianya gadget yang mendukung.
Belilah dengan uang pribadi anda. Saya pribadi sudah melakukannya, mulai pembelian scanner, catridge, hub, kabel, LAN dengan uang saku sehabis pelatihan SIMKAH dari Kanwil dan honor qiro’ah di saat acara manasik haji di kecamatan. Pada awalnya saya tidak ada motifasi apapun ketika membeli barang-barang tersebut terkecuali agar KUA ini bisa maju. Selang beberapa hari kemudian, para pegawai mengetahui bahwa semua itu adalah uang pribadi saya, dan alhamdulillah (meski saya tidak ada niatan secuilpun agar uang itu kembali, anggaplah shodaqoh) saya diberi penggantinya oleh bendahara.
Ada sebuah cerita yang sangat menarik bagi saya, ketika saya berjumpa dengan seorang penghulu yang mantan operator SINR. Dia bertaruh bahwa kalau ada seseorang yang mengatakan KUA itu tidak punya uang maka itu hanyalah “bullshit”. hehee..
3) Mati lampu .
Alasan klasik ini sebenarnya tidak hanya akan “mengganggu” pekerjaan baik secara manual (tulis tangan) maupun dengan tekhnologi (simkah). Jika punya uang lebih, belikan UPS. Jika tidak, saya kira mati lampu hanya momen-momen tertentu saja. Ibaratnya kalo dengan manual bila tinta polpen habis, ya diisi dengan tinta atau beli polpen baru. Bila dengan komputer, isi tinta printer (beli catridge), beli UPS, lalu template diblok “warna putih” tulisan yang telah diketik.
4) Kesalahan pengetikan.
Resiko ini sebenarnya 50 banding 50 antara manual dengan SIMKAH. Jadi tidak perlu digubris. Bila dengan manual biasanya menggunakan byclin atau gas isi korek api, maka kalo dengan printer bisa menggunakan bubuk viva sachet diracik dengan type-x sesuai dengan kebutuhan sehingga mendekati warna NB. (Mohon tidak disalahgunakan!) credit for mas aries
5) Mengurangi jatah ceperan.
Asumsi saya demikian karena ketika saya minta berkas-berkas untuk saya uji coba simkah untuk pertama kalinya, mereka males untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan saya yang berkaitan dengan istilah-istilah tekhnis. Jawaban penolakan biasanya berkelak-kelok mirip belut. Saya baru yakin sekali mengapa mereka sibuk berkicau mencabar SIMKAH dengan dalih yang aneh-aneh. Ujung-ujungnya duit juga. Solusi yang ditawarkan mas aries yaitu, gunakan “bendera” koperasi KUA untuk menarik biaya cetak foto, foto copy agar ma’isyatan (donka) mereka yang mengentry data tetap bisa menikmati hasilnya sesuai dengan username dan passwordnya. Di akhir tahun tinggal pembagian hasil.
Memang sangat dilematis. Begitulah corak tekhnologi. Ada sisi negatif dan ada sisi positifnya. Yang hoby malakin catin jadi ketahuan belangnya dan kebakaran brengosnya.
Tekhnologi mengalienasi penciptanya (manusia), mesin-mesin mengganti manusia. Pabrik-pabrik merasionalisasi para buruh. Tinggal man behind the gun simkah. hmmm.. Namun bila hati kita tulus, insyaalloh SIMKAH bisa membahagiakan semua pegawai, meski awalnya terbersit untuk keluar saja jadi CPNS kembali menjadi pedagang accesories di pasar tradisional, hehe.
6) Mengurangi beban pekerjaan mereka, saya tidak tahu apa ini termasuk kelebihan atau kekurangan bagi mereka.
7) Takut terkena serangan virus sehingga hilang datanya. Saya kira alasan ini tidak masuk akal sama sekali, dan merupakan argumen kuno anak alay (kaum kampungan) yang tidak mengerti seluk beluk komputer. Bukankah Simkah bisa di backup baik di kompi sendiri maupun di server BIMAS?!. Bukankah SIMKAH dapat di kirim data secara offline.
8) Silahkan ditambahi sendiri-sendiri.

 

CARA SETING JARINGAN SIMKAH (WIFI/LAN) credit mas aries ganteng. tested in win XP and vista

 

1- Sebelumnya samakan nama workgroup setiap komputer.
2- Install simkah pada drive yang sama. Bila server diinstall di C:\Program Files\SIMKAH\ , maka client wajib menginstalnya di C:\Program Files\SIMKAH\ juga!
3- Pada komputer server (komputer yg langsung tehubung dengan modem) seting ip addresnya. Start>setting>network connection>klik kanan Local Are Connection>properties> klik internet protocol (TCP/IP)> klik properties di bawahnya> klik use the following IP addres: ketikkan (dalam contoh ini saya menggunakan ip seperti di gambar, komputer yg lain menyesuikan dengan konfigurasi modem masing-masing) pada kolom:
IP ADDRESS: 192.168.1.5
SUBNET MASK: 255.255.255.0
DEFAULT GATEWAY: 192.168.1.1

 


Untuk setting DNS disesuaikan dengan kota masing-masing kalo speedy bisa liat disini

 

Sekarang kita menyeting simkahnya. Login ke simkah, lalu masuk menu kelengkapan> setting>server> Isi nama server dengan LOCALHOST. selesai.
Sekarang kiat beranjak menuju komputer client. Setting ip addresnya dengan cara diatas juga, cuma ip addresnya kasih aja otomatis atau manual asalkan jangan sama dg ip addres nya server, supaya ga bentrok.
Login ke simkah, lalu masuk menu kelengkapan>seting>server> masukkan nama server dengan ip adress server yang dalam contoh ini saya memakai ip 192.168.1.5. centang “jaringan”.

Nah.. cukup. coba direstart simkahnya, lalu masuk menu master data. coba liat apakah sdh ada data-yang sudah tersimpan di server?!
tested di KUA Sawahan baik LAN maupun wifi. Pada Komputer client, di bagian kelengkapan>setting> tab server online> jangan di centang “otomatis kirim online”. Kabarnya akan memberatkan komputer server KUA. Kalo ada yang salah mohon dikoreksi.

 

PRA SIMKAH
Untuk mengurangi beban mas aries ganteng ketika dikunjungi mas aries KUA nya biar gak kulakan virus, dan menyita waktu beliau , kiranya hal-hal yang remeh-temeh dan tidak berhubungan dengan SIMKAH, mohon di tunda dulu. Silahkan pilih salah satu antivirus yang free seperti avast, avg, smadav, avira
2- Install Teamviewer disini
3- Install Yahoo messengger sedot disini
MACAM-MACAM ERROR DALAM SIMKAH beberapa error sudah dilakukan perbaikan
1- Error seperti ini.
Sebenarnya software ini tidak perlu memasukkan serial number. Jadi abaikan saja kolom serial number ketika waktu akan menginstallnya.



biasanya terjadi ketika sofware sinr sudah terinstall terlebih dahulu daripada simkah. untuk update simkah bisa diunduh disini
Baca bismillah terlebih dahulu, ambil wudlu, lalu sholat sunnah 2 kali. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk menginstall simkah,lebih baik di update saja software terdahulu (SINR/SIKUA nya), karena mas aries ganteng sudah mengantisipasinya dengan membuat update SINR/SIMKUA. Bukankah SINR/SIMKUA/SIMKAH itu sama?!! hanya beda nama saja. Kemungkinan yang lain pada waktu menginstall pertama kali tidak terhubung dengan internet. solusi lainnya dari bapak ali ganteng: yaitu dengan menginstall kedua software tersebut pada drive yang berbeda. artinya bila SINR diinstall di C:, maka SIMKAH diistall di drive D: saja. hal ini untuk menghindari bentrok program(firebird(?) nya), credit by mas ali. Solusi terakhir, update SIMKAH terbaru secara offline bila sudah terlanjur menginstall simkahnya dan sudah menguninstall SINR. Untuk pindah dari SI-KUA ke SIMKAH, install dulu simkahnya terus copy paste sikua.gdb ke folder simkah, lalu hapus simkah.gdb dan rename sikua.gdb jadi simkah.gdb. Jika error masih terjadi, ambil sebatang rokok, sedotlah dalam-dalam, keluarkan pelan-pelan …fuuuuh..juuhh..cuih.. sambil telpon+chating sama mas aries atau teman-teman operator simkah lain yang sudah jago-jago seperti mas ali, mas wawan atau teman-teman FK-OSI
2- jika muncul semacam ini , maka yang error adalah templatenya. Solusinya :tumpuki dengan template yang baru.

 

EDIT DESIGN MASKAWIN

 

3- jika desain pada kolom “mas kawin” tidak sesuai dengan “angka tahun”, download template racikan mas aries berikut ini! (menyusul)
4- bila bermasalah dengan passhbook anda, baca dan download manualnya ini.
Beberapa Catatan Penting
1- Pada waktu pengisian di Wali Nikah Nasab, agar tidak menulis 2x, jika yang walinya ayah kandung calon mempelai wanita, tulis wali nya ‘ ayah kandung ‘ agar data orang tuanya masuk dan menambah tempat lahir ayah wanita langsung, kalau menulis selain itu tidak masuk, harus menulis ulang, credit for ini
2- Jika sudah update simkah (via kelengkapan>update simkah>ppilih online diisi dengan : http://ariessoftware.net/simkah/updatesimkah.inf melalui kelengkapan>update lakukan update database dan cari file di folder simkah/updatenew.sql di menu>kelengkapan>update database.
Khusus untuk SI-KUA silahkan update disini
3- Bagi yang belum memaksimalkan menu REKOMENDASI karena kelurahan/desa tidak berubah (: kota lama), coba desain kota lama ganti [frxDBDataset1.”Rekom_Srt”] , tanggal surat ganti [frxDBDataset1.”Rekom_Srt1″] dan nomor surat ganti [frxDBDataset1.”Rekom_Srt2″] credit:for mas ali
4- Pada “pekerjaan” bisa pakai autotext, kalo IRT = Ibu Rumah Tangga. dll
5- (Opsional saja) Untuk nomor KTP mohon diisi tanpa tanda titik atau koma/garis miring, dan di kolom Wali jika orangtua sebagai wali tulis AYAH KANDUNG, otomatis akan masuk data ayah,dan kita tambahin tempat lahir ayahnya.
6- Bila template rekom “kelurahan” tidak muncul maka ubah huruf “kelurahan” dengan “xxx”
7- Untuk membaca buku panduannya bisa diklik disini atau ini atau tutorial_simkah
8- Video tutor nya
instalasi sinr/simkah
Setting awal SINR/SIMKAH
Cetak Buku Nikah

NC Online

 

Alhamdulillah… sekarang saatnya kita menunjukkan pada mereka BUKTI bahwa SIMKAH lebih teratur, bersih dan jujur . Asalkan kita tidak melewati batas” batolul haq wa ghomtun naas” (menolak kebenaran dan meremehkan manusia lain) tidak ada salahnya kita show off sama mereka, Daripada kita merendah malahan diinjak-injak terus. Merdekaa!!! hehe…hero wannabe
Semoga mas aries dan keluarga dijaga Alloh ketulusannya, diberkahi hidupnya, diperbanyak rizkinya, dipermudah semua urusan-urusannya, dijauhkan dari segala marabahaya, dan dijaga kehormatan seluruh keluarga dan keturunannya..amiiiiinn…. ya robbal alamin
Demikian, kapan-kapan ditambah lagi. Mohon komentar dan sharing pengalaman misalkan ada bug pada software ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s